Motif Hias Nusantara Dua Dimensi dan Tiga Dimensi



Motif Hias Nusantara Dua Dimensi dan Tiga Dimensi - Semua orang sudah mengakui jika Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya, budaya tersebut selalu mencerminkan kehidupan masyarakatnya. Kebudayaan tersebut juga selalu menghasilkan yang menakjubkan dalam berbagai hal, seperti Tarian, Upacara adat bahkan karya seni rupa.
Karya seni rupa nusantara adalah suatu karya seni yang telah berkembang secara luas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karya seni rupa ini dapat dibeskan menjadi karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Pada karya seni rupa nusantara terdapat motif hias yang beragam. Motif hias disini adalah suatu motif yang membentuk keindahaan. Biasanya kerajinan motif hias ini pengerjaannya memerlukan kesabaran, ketelitian dan kreatifitas yang tinggi. Dan berikut ini adalah karya seni rupa motif hias nusantara dua dimensi dan tiga dimensi.
A.    Karya Seni Rupa Dua Dimensi
Karya seni rupa dua dimensi adalah suatu karya seni rupa yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar saja. sehingga hanya bisa dinikmati dalam satu sisi saja. Contoh motif hias nusantara yang termasuk dalam karya seni rupa dua dimensi adalah Kain Batik, Tenun, Songket, dan Wayang Kulit.
1. Kain Batik
 http://albantanipro.blogspot.co.id/2017/01/motif-hias-nusantara-dua-dimensi-dan.html
Batik adalah kain khas Indonesia yang pembuatannya menggambar secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu sendiri, kemudian pengolahannya dip roses dengan cara tertentu sehingga memiliki kekhasan. Kain Batik adalah kain Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009. Pada motif hias, kain batik dibedakan menjadi motif hias geometris dan motif hias non geometris.
a. Motif Hias Geometris
 
Motif hias geometris adalah motif hias yang hanya berupa lengkungan, garis, lingkaran, segitiga dan sebagianya yang berulang-ulang. Sebagai contoh motif batik tersebut adalah Batik Motif Kawung, Motif Parang, dan Motif Tambal.
b. Motif Hias Non Geometris.
 
Motif hias non geometris adalah motif hias yang berbentuk berdasarkan awan, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan bentuk lainnya. Sebagai contoh motif hias ini adalah Batik Motif Mega Mendung, Batik Papua, dan Batik Bambu Sidomukti.
2. Kain Tenun
http://albantanipro.blogspot.co.id/2017/01/motif-hias-nusantara-dua-dimensi-dan.html 
Tenun merupakan suatu teknik pembuatan kain yang dilakukan dengan cara menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Kain ini biasanya terbuat dari benang serat kayu, kapas, sutra dan benang lainnya. Saha halnya seperti batik, kain tenun juga tersebar diseluruh Indonesia seperti Tenun Sumbawa, Tenun Toraja, Tenun Jepara, dan masih banyak lagi.
3. Songket
http://albantanipro.blogspot.co.id/2017/01/motif-hias-nusantara-dua-dimensi-dan.html 
Songket adalah jenis kain tenunan tradisional melayu yang digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Berbeda dengan kain tenun biasa, kain songket biasanya di tenun dengan benang yang berwarna emas dan perak. Songket yang terkenal di Indonesia adalah Songket dari Palembang dan dari Lombok. Namun songket juga dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia, bahkan ada juga di Malaysia dan Brunei Darussalam.
4. Wayang Kulit
 
Kesenian wayang merupakan seni budaya asli bangsa Indonesia yang sampai detik ini masih dimiliki tempat istimewa di hati masyarakatnya. Kawang kulit sendiri adalah salah satu jenis wayang yang terbuat dari kulit lembu. Secara umum, wayang kulit menggambil cerita dari naskah Mahabrata dan Ramayana.
B.     Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
Karya seni rupa tiga dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, tinggi, dan memiliki volume dari setiap ruang yang ditempatinya. Contoh motif hias nusantara yang termasuk dalam karya seni rupa tiga dimensi adalah Topeng, Relief, dan Patung.
1. Topeng
 
Topeng adalah suatu benda yang dipakai untuk menutupi wajah. Topeng ini biasanya dipakai sebagai tarian-tarian tradisional dengan memerankan tokoh atau karakter bahkan binatang dalam tarian tersebut, seperti Topeng Panji dengan karakter halus, Topeng Klana dengan karakter penuh amarah dan emosi, serta Topeng Barong Bali sebagai karakter hewan.
2. Relief
http://albantanipro.blogspot.co.id/2017/01/motif-hias-nusantara-dua-dimensi-dan.html 
Relief adalah seni pahat dan ukiran tiga dimensi yang biasanya dibuat dari atas batu atau dinding. Ukiran refiel dapat kita jumpai pada bangunan candi, kuil, monument dan tempat bersejarah kuno lainnya. Seni relief ini bertujuan untuk menggambarkan atau amenceritakan suatu kejadian bersejarah yang pernah terjadi di masa lalu. Contohnya relief yang berada di Monumen Nasional (Monas) yang menggambarkan suatu peristiwa perjuangan rakyat Indonesia melawan para penjajah. Cintoh relief lainnya yaitu relief yang berada di Candi Borobudur yang menggambarkan sang Budha dan ajaran-ajarannya.
3. Patung
http://albantanipro.blogspot.co.id/2017/01/motif-hias-nusantara-dua-dimensi-dan.html 
Patung adalah benda tiga dimensi katya manusia yang bertujuan untuk menghasilkan syautu karya seni rupa yang dapat bertahan selama mungkin. Patung dapat dibuat dengan mengunakan teknik pahat,tuang dan butsir. Dalam motif hias seni nusantara karya seni patung terdapat pada Candi-candi yang menggambarkan perwujudan dari pada dewa atau raja. Ada pula patung dari Suku Asmat papua yang memiliki makna rasa syukur masyarakat kepada nenek moyang mereka.
Berbanggalah bagi kita sebagai generasi muda Indonesia yang masih bisa menjumpai karya seni rupa tradisional di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini. Tugas kita sebagai generasi muda untuk dapat mempertahankan dan melestarikan karya seni rupa tradisional ini agar mampu bertahan sampai anak cucu kita pun masih bisa melihat nantinya. Meskipun Karya seni rupa motif hias nusantara ini banyak yang mengandung unsur tradisional, namun motif hias nusantara ini juga banyak menjadi referensi bagi seniman karya seni rupa sebagai karyanya. Dan dapat menjadi pengetahuan kita tentang karya seni rupa nusantara.

Sumber Referensi  : yokimirantiyo.blogspot.co.id


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
16 April 2021 at 18:17 delete

Kalau Lukisan wayang Kulit Dan Wayang Kulistnya sendiri Sama apa beda ?

Reply
avatar