Bahasa Terbanyak di Dunia



Bahasa Terbanyak di Dunia - Bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri. Dengan bahasa kita bisa berkomunikasi antar sesama, bahasa juga bisa menjadi identitas dari suatu Negara serta nasionalitas dari seseorang.
 Di dunia ini diperkirakan ada lebih dari 7.000 bahasa. Benua Asia yang merupakan benua terbesar di dunia pun memiliki bahasa terbanyak yaitu memiliki 2.301 bahasa, Afrika memiliki 2.138 bahasa, Oceania memiliki 1.313 bahasa, Amerika memiliki 1.064 bahasa. Dan di benua Eropa memiliki hanya sekitar 286 bahasa
Indonesia sendiri yang merupakan Negara dengan kaya akan budaya pastinya kaya juga akan bahasa. Hampir di seluruh daerah di nusantara memiliki bahasa yang berbeda-beda. Jika dari urutan dunia, indonesia berada di urutan ke dua dengan 707 bahasa yang tersebar di seluruh nusantara. Dan berikut ini adalah bahasa terbanyak yang dimiliki setiap Negara di Dunia menurut Ethnologue.
1. Papua Nugini 
Papua Nugini merupakan sebuah Negara persemakmuran yang berada dikawasan Oceania. Negara yang terletak di sebelah timur Pulau Papua dan bersebelahan langsung dengan daratan Indonesia sebelah barat ini berada di urutan pertama bahasa terbanyak di dunia dengan memiliki bahasa sebanyak 839 Bahasa.
2. Indonesia
Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan terbesar di dunia yang berada dikawasan Benua Asia bagian Tenggara. Negara yang memiliki 1.340 suku bangsa ini tidak mengherankan jika menempatkannya sebagai Negara dengan bahasa terbanyak ke dua dengan memiliki 707 bahasa.
3. Nigeria
Nigeria adalah sebuah Negara yang berada di kawasan benua Hitam yaitu Benua Afrika. Negara yang menjuarai Piala Dunia U-17 tahun 2013 ini memiliki 526 bahasa dan menjadikannya sebagai Negara dengan bahasa terbanyak ke tiga di dunia.
4. India
India merupakan sebuah Negara yang berada di kawasan Benua Asia bagian Selatan. Negara dengan penduduk terbanyak ke tiga di dunia ini memempatkan India sebagai Negara dengan bahasa terbanyak ke empat di dunia dengan memiliki 454 bahasa.
5. Amerika Serikat
Amerika Serikat adalah sebuah Negara Adidaya yang berada di benua Amerika Utara. Negara terbesar ke empat di dunia yang baru di pimpin oleh Presiden Donald Trump ini memiliki 422 bahasa dan menempatkannya sebagai Negara dengan bahasa terbanyak ke lima di dunia.
6. China
China adalah Negara besar yang berada di benua Asia Timur. Negara yang memiliki populasi terbanyak di dunia yang mencapai melebihi 1.363 miliar jiwa ini memiliki kurang lebih 300 bahasa dan menempatkan Negara ini sebagai Negara terbanyak ke enam di dunia dalam hal bahasa.
7. Meksiko
Meksiko merupakan sebuah Negara yang berada di kawasan benua Amerika Utara. Negara yang menjadi tempat peradaban suku Maya dan Aztec ini memiliki 289 bahasa dan menjadikannya sebagai Negara dengan bahasa terbanyak ke tujuh di dunia.
8. Kamerun
Kamerun adalah sebuah Negara republik yang berada di daratan Afrika Tengah. Karena banyak ragam geologi dan budayanya, menjadikan Negara ini dengan sebutan  Miniaturnya Afrika dan nemempatkan Kamerun sebagai Negara dengan bahasa terbanyak ke delapan yang memiliki 281 bahasa.
9. Australia
Australia adalah sebuah Negara persemakmuran yang berada di benua Australia. Negara terbesar di kawasan Oceania dan negara surganya hewan Endemik Kanguru ini berada di peringkat ke Sembilan dalam hal bahasa terbanyak di dunia dengan memiliki 245 bahasa.
10. Brazil
            Brazil merupakan Negara terbesar di benua Amerika Selatan. Negara penyelenggaraan pesta Olahraga Olimpiade tahun 2016 ini memiliki 229 bahasa dan memempatkannya sebagai Negara bahasa terbanyak di dunia peringkat ke sepuluh.
Bahasa adalah salah satu elemen penting dalam hidup, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahasa menjadi suatu alat untuk berkomunikasi antar sesama manusia. Dari 7.000 bahasa di dunia, Bahasa Inggris menjadi Bahasa Internasional, hal ini dikarenakan bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tertua di dunia dan diperkuat juga dengan Inggris adalah salah satu negara yang memiliki banyak negara jajahan di dunia. Meskipun begitu, alangkah baiknya kita selalu menggunakan bahasa daerah kita atau bahasa nenek moyang kita. Hal ini merupakan salah satu bentuk menunjukan rasa kecintaan kita terhadap kebudayaan nenek moyang kita, dan bentuk pelestarian dari kebudayaan tersebut.
Sebagai tambahan, Negara dengan bahasa Nasional terbanyak di Dunia adalah Afrika Selatan. Jika Indonesia menerapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi atau Nasionalnya, tapi Negara tersebut menerapkan 11 bahasa sebagai Bahasa resmi atau bahasa Nasionalnya dan mendapat predikat sebagai Negara dengan bahasa Nasional terbanyak di Dunia.


Previous
Next Post »