Suku Inca Amerika Selatan



Suku Inca Amerika Selatan - Amerika merupakan Benua terbesar kedua di dunia setelah Benua Asia. Jauh sebelum bangsa dan pengaruh Eropa datang ke benua tersebut, terdapat masyarakat pribumi yang sudah hidup bertahun-tahun ditempat-tempat tertentu dikawasan benua Amerika, lebih tepatnya dikawasan Amerika bagian Selatan. Masyarakat pribumi tersebut adalah Suku Inca.
Suku inca adalah sebuah kelompok etnis yang bermukim di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Pusat pemerintahannya berada di Cuzco, lebih tepatnya di selatan Peru. Masyarakat suku Inca tinggal diketinggian 3.362 meter diatas permuakaan bumi. Rumah-rumah mereka dibuat dari batu-batu dan beratapan jarami yang dibangun di sisi-sisi curam pengunungan Andes.
Ada dua hal yang sangat menarik dari yang patut diketahui dari suku Inca, yang pertama adalah adat istiadatnya. Suku inca mempuanyai suatu upacara adat dimana adat tersebut menjadikan anak-anak sebagai persembahannya. upacara adat tersebut adalah Upacara Capacocha. Upacara Capacocha dimulai dengan berjalan kaki ke puncak Gunung Llullaillco, 300 mil dekat perbatasan dengan Chili. Kemuadian anak-anak tersebut diberi minuman semacam bir yang bernama Chica. Setelah tertidur, mereka ditaruh di dalam ceruk bawah tanah dan dibiarkan hingga mati membeku. Pengorbanan ini dianggap sebagai penghargaan tertinggi karena merupakan transisi menuju hidup yang lebih baik yang tidak akan mereka dapatkan jika menjadi manusia biasa. Mereka dikorbankan untuk bergabung dalam dunia para dewa dan hidup bersama mereka.
Hal yang menarik kedua adalah dari peninggalnya. Salah satu peninggalan Suku Inca yang paling terkenal adalah Machu Picchu. Machu Picchu adalah sebuah situs bersejarah yang terletak di lembah Urumbaba dan berada diketinggian 2.430 meter diatas permukaan laut. Situs yang sudah menjadi Warisan Dunia UNESCO sejak tahun ini menjadi simbol bagi kebudayaan Inca. Situs Machu Piccu terdiri dari tiga bangunan, seperti Inti Watana sebagai bangunan Utama, kuil Matahari dan ruang tiga jendela. Situs Machu Picchu pernah di hancurkan oleh bangsa Spayol dan dilupakan oleh dunia internasional, namun pada tahun 1911 situs ini kembali ditemukan oleh Arkeolog dari Universitas Yale Hiram Bingham III.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, situs Machu Piccu merupakan salah satu tempat yang paling terkenal di dunia. Telebih lagi pada tahun 2007 Machu Piccu terpilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru yang dipilih melalui Voted di Internet. Hal ini menunjukan jika simbol dari kebudayaan Suku Inca ini memang pantas untuk di pertahankan dan dilestarikan dan jangan sampai situs bersejarah tersebut hancur untuk kedua kalinya. Dengan adanya situs ini juga menambah pengetahuan kita tentang keanekaragaman suku yang ada di dunia.


Tags : #Suku Inca #Suku di Amerika Selatan #Upacara AdatCapacocha #situs Machu Picchu # Tujuh Keajaiban Dunia baru



Previous
Next Post »